PENGARUH PENDEKATAN STRUKTURAL TERHADAP KEAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 6 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WIDANI, SAUFI (2019) PENGARUH PENDEKATAN STRUKTURAL TERHADAP KEAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 6 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Struktural Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Mengidentifikasi Usur Cerpen Di Kelas V SDN 6 Selong Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 6 Selong dengan sampel berjumlah 44 siswa dari kelas Va dan Vb. Jenis penelitian menggunakan Desain penelitian post test-only-control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan tes pilihan ganda yang berjumalah 20 soal untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsure cerpen dengan menggunakan pendekatan Struktural, berdasarkan hasil penelitian diperoleh mean yang kelas eksperimen yaitu 77,27 sedangkan mean yang diperoleh kelas control yaitu 62,95. Untuk uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleht > t yakni 4.081> 2,343 hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh pendekatan Struktural terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerpen pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Selong tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci :Pendekatan Struktural, Unsur Cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:16
Last Modified: 24 Feb 2021 03:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item