PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER BERBANTU MEDIA CD TUTORIAL TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA PELAJARAN PERAKITAN PC DI SMK AL-MADANI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AZIZAH, NUR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER BERBANTU MEDIA CD TUTORIAL TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA PELAJARAN PERAKITAN PC DI SMK AL-MADANI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kooperatif tipe murder adalah model pembelajaran yang menekankan pentingnya kemampuan keterampilan verbal siswa dalam mengulang informasi dan ide suatu materi pembelajaran. Sekarang ini masih banyak sekolah yang masih menerapkan pembejaran model konvensional, sehingga kadang siswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang ituitu saja. Untuk itu diperlukan adanya inovasi perubahan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional berbantu media CD tutorial, (2) perbedaan keaktifan belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional berbantu media CD tutorial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design bentuk Posttets only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK IP AL-MADANI dengan jumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional berbantu media CD tutorial (dengan nilai signifikansi , ( ada perbedaan keaktifan belajar siswa antara model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional berbantu media CD tutorial (dengan nilai signifikansi < 0,05). Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Tipe Murder , Hasil Belajar, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:12
Last Modified: 24 Feb 2021 07:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item