PENGARUH PENDEKATAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V MI NW 05 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURTI, NURTI (2018) PENGARUH PENDEKATAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V MI NW 05 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
NURTI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untu kmengetahui pengaruh dan perbedaan pendekatan integrative terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa pada materi Teks karangan argumentasi pada siswa kelas V MI NW 05 Pancor Tahun pelajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 54 orang siswa dan di bagi menjadi 2 kelas.dari 2 kelas populasi tersebut kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas V B sebagai kelas control dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan ujinormalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F, sedangkan tekhnik uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui hasil menulis karangan argumentasi siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,61, dan hasil menulis karangan argumentasi siswa kelas control termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 57,24. Dari hasil uji t yang sudah dilakukan di peroleh thitung = 5,398,dimana ttabel dengan dk = 54, dan taraf signifikansi 0,05 untuk uji dua fihak = 2,021. Ternyata diperoleh thit > ttab atau 5,398>2,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan integrative terhadap hasil menulis karangan argumentasi siswa. Kata kunci: pendekatan integrative, Kemampuan, Menulis, karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:53
Last Modified: 25 Feb 2021 03:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item