KORELASI ANTARA MEDIA SOSIAL ONLINE FACEBOOK DENGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SDN 2 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

JANNATUL AENI, NURUL (2018) KORELASI ANTARA MEDIA SOSIAL ONLINE FACEBOOK DENGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SDN 2 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara media sosial online facebook dengan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDN 2 Pancor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah kelas V secara keseluruhan sebanyak 42 siswa, kemudian yang menjadi sampel berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Pengujian pesyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil hipotesis pada uji hipotesis pertama dengan N=32 diperoleh rxy = 0,0864 < rtabel = 0, 349 sedangkan pada uji hipotesis kedua dengan N=32 diperoleh rxy = 0,0385 < rtabel = 0, 349. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama maka dapat diketahui Ho diterima dan Ha ditolak begitupun dengan hasil uji hipotesis kedua maka dapat diketahui Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat adanya korelasi antara media sosial online facebook dengan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDN 2 Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Media Sosial Online Facebook, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:44
Last Modified: 01 Mar 2021 01:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item