PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 04 KORLEKO KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

USWATUN HASANAH, BAIQ (2018) PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 04 KORLEKO KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI VALID.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK BQ USWATUN HASANAH. (2017). Pengaruh Permainan Kartu kuartet Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 04 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi Selong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kuartet terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 04 Korleko Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitiaan eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest Design, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh, sehingga subjek penelitian ini seluruh kelas V dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 20 soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan anlisis data hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) memperoleh nilai ratarata 57, sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan 75,6. Untuk uji normalitas digunakan rumus chi-kuadrat dimana hasil pretest dan posttest adalah x 2 hitung pretes = 6,57 dan x 2 hitung posttest = 7,23 dengan x 2 tabel = 11,070. Maka diperoleh kedua data berdistribusi normal karena x 2 hitung < x 2 tabel. Untuk hasil uji homogenitas tes didapatkan Fhitung = (1,73) < Ftabel = (4,20), maka data homogen. Sedangkan dari hasil uji hipotetsis pada tarap signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,16 > 1,6778 ini menunjukkan Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh Permainan Kartu kuartet Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 04 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kata kunci: Permainan Kartu Kuartet, Kemampuan Kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:47
Last Modified: 03 Mar 2021 02:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item