PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LERANING KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 DANGER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SRIDAYUNI, SRIDAYUNI (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LERANING KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 DANGER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 6 tahap yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, , revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi akhir produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Danger sebanyak 23 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, dan angket minat. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi,angket, dan lembar observasi. Hasil validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan menunjukkan kualifikasi dari kedua-duanya yaitu baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 60 dengan rata-rata 4,61 sedangkan nilai dari ahli tampilan berjumlah 36 dengan rata-rata 3,6. Data lain sebagai pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari respon siswa yang memberikan jawaban baik dengan nilai rata-rata 100% untuk uji coba skala kecil dan untuk uji coba skala besar nilai rata-rata 87% serta hasil observasi aktivitas siswa skala kecil dengan jumlah nilai 65 sedangkan untuk skala besar jumlah nilai 70 dalam belajar menggunakan buku saku tematik berbasis pendekatan active learning adalah baik. Ini berarti bahwa pengembangan buku saku pembelajaran tematik berbasis pendekatan active learning sangat efektif digunakan dalam mengajarkan tema 1 subtema 1 indahnya kebersamaan. Kata Kunci: Buku saku, pendekatan active learning, tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:41
Last Modified: 04 Mar 2021 03:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item