METODE SPPKB (STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA

Tohri, Ahmad (2011) METODE SPPKB (STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA. Jurnal Educatio (Jurnal Ilmu Kependidikan), 6 (1). pp. 104-128. ISSN 2527-9998

[img] Text (Artikel Jurnal Akreditasi)
6 - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB) | Request a copy
Official URL: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji penerapan metode SPPKB (strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir) dalam meningkatkan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X SMA dan MA di Wanasaba tahun pelajaran 2010/2011. Metode SPPKB adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir siswa melalui telaah fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meggunakan metode observasi dan tes yang melibatkan 140 siswa (65 siswa laki-laki dan 75 siswa perempuan) Kelas X di 4 Sekolah (2 SMA dan 2 MA). Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama jumlah siswa yang tuntas sebanyak 63,41% dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dan kedua adalah 2,84 dan 2, 89 yang berkategori aktif. Sedangkan pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas sebanyak 87,80% dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemua pertama dan kedua adalah 3,26 dan 3,29 yang berkategori sangat akktif. Berdasarkan data hasil penelitian peneliti dapat simpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dapat menuntaskan belajar siswa serta dapat membangkitkan motivasi dan peran aktif siswa dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar meningkat. Peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata diperoleh sebesar 58 pada siklus I dan 68 pada siklus II. Penggunaan metode strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA dan MA di Wanasaba tahun pelajaran 2010/2011. Sehubung dengan temuan penelitian ini, diajukan saran agar para guru khususnya guru sosiologi untuk menerapkan dan mengembangkan proses pembelajaran dengan menggunakan metode strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB). Kata Kunci: Metode SPPKB, prestasi belajar sosiologi

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Mr Ahmad Tohri
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:18
Last Modified: 28 Dec 2023 07:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item