PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STIKER BERGAMBAR KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAANKELAS 1 SDN 3 SAKRATAHUN PELAJARAN 2016/2017

MAYA AZLINA, MARDI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STIKER BERGAMBAR KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAANKELAS 1 SDN 3 SAKRATAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MARDI MAYA AZLINA. 2017. Pengembangan Media pembelajaran bahasa melalui stiker bergambar kartun terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN 3 Sakra. Skripsi. Program studi pendidikan sekolah dasar. Jurusan ilmu pendidikan. Stkip hamzanwadi selong. Pembimbing: 1) Padlurrahman, M.Pd dan 2) Saprudin Jauhari, M.Pd. Kata kunci: pengembangan, media stiker bergambar kartun, menulis Pengembangan media pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbentuk stiker pada materi membaca permulaan kelas 1 SDN 3 Sakra tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini terdiri dari 10 siklus namun dalam pelaksanaannya disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan planing (perencanaan), validasi, uji coba lapangan, dan revisi uji coba produk. Pemilihan Borg and Gall ini didasarkan pada alasan sangat cocok untuk pengembangan media pembelajaran dan memiliki siklus yang lebih sederhana. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca permulaan menggunakan media stiker bergambar kartun untuk meningkatkan kemampuan membaca. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran membaca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan pembelajaran menggunakan media stiker bergambarkartun adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang medukung terciptanya pembelajaran yang menarik. (2) Guru masih perlu penelitian terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran membaca menngunakan media stiker bergambar kartun dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:29
Last Modified: 09 Mar 2021 03:29
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item