UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA POKOK BAHASAN NORMA YANG BERLAKU DI MASYARAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LSQ(LEARNING START WITH A QUESTION) PADA SISWA KELAS III SDN 5 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ULYANA, ULYANA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA POKOK BAHASAN NORMA YANG BERLAKU DI MASYARAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LSQ(LEARNING START WITH A QUESTION) PADA SISWA KELAS III SDN 5 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ULYANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui metode pembelajaran aktif LSQ (Learning Start With A Question)”. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui model pembelajaran aktif LSQ (Learning Start With A Question)”. model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana penelitian dapat di laksanakan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus di peroleh data kualitatif berupa aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini yang ada pada siklus I nilai rata-rata 68,05 dan siklus II nilai rata-rata 78,6 berarti nilai rata-rata pada siklus II dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian ketuntasan belajar yang dicapai adalah 77,77% sehingga hasil yang diperoleh ini sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan kriteria yang ditentukan 75%. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telahdilaksanakandalamduasiklus yang berkelanjutan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 5 Montong Betok pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Norma Yang Berlaku Di Masyarakat. Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Learning Start With A Question

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:44
Last Modified: 02 Aug 2021 03:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item