STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GURU KELAS

Muh. Fahrurrozi, ozi and Mohzana, Mohzana and Hary Murcahyanto, Hary (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GURU KELAS. Journal of Education and Instruction, 4 (1). ISSN 2614-8617

[img] Text
25 STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GURU KELAS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru kelas SD Negeri Lombok Tengah dalam menyusun rencana strategi pembelajaran. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa RPP tematik kelas Sekolah Dasar Negeri Lombok Tengah tema 1 “Hidup Hemat” subtema 1 pembelajaran 3, subtema 2 pembelajaran 2, subtema 3 pembelajaran 6, subtema 4 pembelajaran 1. Analisis data menggunakan tehnik analisis data analisis data kualitatif dapat dilakukan secara simultan dengan proses pengumpulan data, interpretasi data, dan penulisan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan indikator 3.1.1 pada subtema 1 pembelajaran 3 kurang tepat, pokok bahasan rumusan tujuan pembelajaran dan materi ajar dalam subtema 3 pembelajaran 6 tidak sesuai, butir soal yang tidak mengacu pada indikator dalam subtema 1 pembelajaran 3, dan penggunaan kata operasional yang kurang tepat pada rumusan tujuan pembelajaran dalam subtema 3 pembelajaran 6. Simpulan, guru kelas Sekolah Dasar Negeri Lombok Tengah tergolong separuh mampu dalam menyusun rencana strategi pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan, Guru Kelas, Rencana Strategi Pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:00
Last Modified: 23 Nov 2021 03:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item