Turnitin-Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar

Nahdi, Khirjan and Irfan, Mohammad and Ernawati, Titin Turnitin-Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI (1). ISSN 2549-9149

[img] Text
17. Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Mahasiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini memanfaatkan teori metafora dan ruang persepsi berdasarkan ekologi bahasa, dengan tujuan mengidentifikasi metafora siswa sekolah dasar sebagai gambaran persepsi pada ekologi. Data berbentuk metafora dalam puisi berdasarkan persepsi ekologi. Data dianalisis melalui distribusi kategori metafora dan ujud diksi pada ekologi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan, metafora dominan pada ekologi manusia, dan terbatas pada delapan ekologi lainnya. Kondisi ini menggambarkan interaksi dengan ekologi manusia lebih intens dibanding ekologi lainnya. Hasil kajian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru pada materi pembelajaran, keluasan dan kedalaman materi pembelajaran pada dokumen strategi pembelajaran, dan diversifikasi tema pada pembelajaran tematik. Kata kunci: metafora; ruang persepsi; siswa sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Khirjan Nahdi
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:45
Last Modified: 03 Dec 2022 07:45
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item View Item