TURNITIN : THE ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF GROUP INVESTIGATION METHOD IMPLEMENTATION IN INCREASING STUDENT LEARNING OUTCOMES

Mohzana,, Mohzana and Merla, Merla and Yoseb Boari, Boari and Muh Adnan Hudain, Hudain and Ilham Kamaruddin, Kamaruddin (2023) TURNITIN : THE ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF GROUP INVESTIGATION METHOD IMPLEMENTATION IN INCREASING STUDENT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (1). ISSN 2657-2230

[img] Text
7) Sinta 4-Turnitin-The Analysis of The Effectiveness of Group Investigation Method Implementation In Increasing Student Learning Outcomes.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://doi.org/10.55352/mudir

Abstract

Melalui penggunaan pendekatan group investigation, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan ini, yang merupakan jenis pembelajaran kooperatif, menekankan pada keterlibatan dan keaktifan siswa dalam menemukan sendiri materi pembelajaran (pengetahuan) yang dipelajari melalui alat pembelajaran yang tersedia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah yang muncul di kelas, dilakukan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, dua siklus dengan masing-masing dua sesi digunakan untuk melakukan penelitian. Wawancara, dokumentasi, ujian pencapaian pembelajaran, dan catatan observasi adalah alat yang digunakan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa >75 pada siklus I, meningkat menjadi >80 pada siklus II. Selain meningkatkan hasil belajar siswa, metode group investigation juga dapat meningkatkan partisipasi siswa yang akan membuat mereka lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Kata kunci: hasil belajar, siswa, group investigation, kelas

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:43
Last Modified: 06 Jul 2023 05:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item