PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA

ADE IRMA PURNAMA SARI, PURNAMASARI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ADE IRMA PURNAMA SARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ADE IRMA PURNAMA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, dessisment). Teknik pengambilan data menggunakan angket. Validator terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli desain, dan 2 guru biologi. Responden terdiri dari 12 orang siswa kelas XI IPA MA Mu’allimat NWDI Pancor. Data analisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di dapatkan data bahwa kualitas Lembar Kerja Peserta Didik menurut 1 ahli materi Sangat Baik dengan persentase keidealan 95% dengan kualifikasi Sangat Efisien, segi desain bahan ajar kualitas kelayakan Sangat Baik dengan persentase keidealan 96% dengan kualifikasi Sangat Efisien, guru biologi dengan kualitas kelayakan Baik dengan persentase 81% dengan kualifikasi Efisien, dan respon siswa dengan kualitas kelayakan Sangat Baik dengan persentase keidealan 96% dengan kualifikasi Sangat Efisien. Persentase berpikir kreatif sebesar 58% kategori kreatif dan untuk hasil belajar 83% kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing,Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:08
Last Modified: 12 Jul 2023 07:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item