PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTs

BQ MERISKA YANTI, YANTI, MERISKA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTs. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI BQ MERISKA YANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

BQ MERISKA YANTI (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIKA SISWA SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi bilangan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hizbul Wathan NW Semaya yang berjumlah 64 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Nonprobability Sampling jenis sampel jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Dalam analisis regresi ganda ada uji secara parsial dan stimultan. Adapun hasil uji secara parsial hipotesis 1 diperoleh thitung 3,6931 > ttabel 2,110 maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa secara parsial terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hipotesis 2 diperoleh thitung 2,4782 > ttabel 2,110 maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar secara parsial terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Adapun hasil uji hipotesis secara stimultan menunjukkan bahwa Fhitung 6,0964 > Ftabel 3,55 maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan motivasi belajar secara stimultan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:24
Last Modified: 12 Jul 2023 07:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item