PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

BUSTANUL ARIFIN, ARIFIN, BUSTANUL (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis masalah terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Aljabar pada siswa kelas VIII di MTs NW Tebaban tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs NW Tebaban tahun pelajaran 20222/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling tipe purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t satu pihak,hasil hipotesis menunjukkan bahwa hasil hipotesis tes pemahaman konsep diperoleh thitung = 3,66 dengan ttabel =1,68 . Karena hasil thitung ˃ ttabel “Ha” diterima dan “HO” ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis masalah terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs NW Tebaban tahun pelajaran 2022/2023. Kata kunci : Pendekatan Realistic MathematicEducation (RME), Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:31
Last Modified: 12 Jul 2023 07:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item