PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

EMA RATNA PURI, EMA RATNA, PURI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI EMA RATNA PURI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

EMA RATNA PURI (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rancangan dan modul pembelajaran yang berbasis Creative Problem Solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Dick and Carey dengan proses terstruktur yang meliputi Analisis Kebutuhan, Merancang Produk, Pengembangan Produk, Implementasi, dan Evaluasi Produk. Subjek penelitian sebanyak 31 orang siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Selong. Pengumpulan data menggunakan terdiri dari lembar validasi, angket kepraktisan implementasi pembelajaran, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data produk yang dikembangkan dengan berbasis CPS dan terintegrasi TPACK tergolong produk yang memenuhi kriteria validitas, kepraktisan keefektifan produk serta layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan juga potensial dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan N-Gain sebesar 0,80. Kata Kunci: Creative Problem Solving: TPACK: Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:54
Last Modified: 13 Jul 2023 06:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5217

Actions (login required)

View Item View Item