PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MUHAMMAD JASRIARDI, JASRIARDI, MUHAMMAD (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
MUHAMMAD JASRIARDI acc.pdf

Download (39MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD JASRIARDI (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall dan Dick and Carey yang dimodifikasi menjadi 5 tahap yaitu: analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, dan evaluasi produk, sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Selong kelas XI IPA 5 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penilaian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari pedoman validasi perangkat pembelajaran berbasis CPS terintegrasi TPACK, angket kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis CPS terintegrasi TPACK, dan tes kemampuan berpikir kritis untuk keefektifannya. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan skala lima dari Saifuddin Azwar, sedangkan untuk keefektifan yang digunakan adalah ketuntasan klasikal yang kemudian nilai dari tes kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan pre-test yang dilaksanakan pada saat analisis kebutuhan, dari hasil validasi diperoleh hasil 298 untuk rancangan pembelajaran dengan kriteria sesuai, 191 dan 156 untuk modul dari ahli materi dan ahli media dengan kriteria sesuai, dan untuk keefektifan diperoleh skor 0,71 dengan kriteria sangat sesuai. Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh skor 55 dan 74 untuk rancangan pembelajaran dan modul dengan kriteria sangat praktis dan dari angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 83,89% dengan kriteria praktis. Untuk keefektifan dari aktifitas guru dan siswa diperoleh persentase 98,48% dan 93,59% dengan kriteria efektif dan tes kemampuan berpikir kritis telah mencapai nilai rata-rata sebesar 82,37 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,10%. Kata Kunci : Pengembangan, Creative Problem Solving, TPACK, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:04
Last Modified: 15 Jul 2023 04:04
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item