PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NW KALIJAGA

NURDIANA, NURDIANA, NURDIANA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NW KALIJAGA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI NURDIANA NPM 15210023.pdf

Download (14MB)

Abstract

Abstrak Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapatnya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan mengetahui terdapatnya interaksi antara model pembelajaran STAD dengan pendekatan RME dengan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen. Dengan desain yaitu rancangan faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol yang di tentukan menggunakan Sampel acak sederhana (simple random sampling). Teknis analisis data pada penelitian ini mengunakan Anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama menunjukan bahwa baris (A) �ℎ����� 2 > �� �� 2 yaitu 5,10 > 4,03 dan interaksi (AB) �ℎ����� 2 < �� �� 2 yaitu 0,36 < 3,18. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan Tidak terdapat interaksi antara pemberian model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. Kata kunci : Kooperatif, Konvensional, Pasca Anava, Realistic Mathematic Education (RME), Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Student Teams Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:03
Last Modified: 15 Jul 2023 04:03
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item