PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAKN METODE Project Based Learning (PjBL) BERBASIS STEAM GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

JULPAN RAHMADI, RAHMADI, JULPAN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAKN METODE Project Based Learning (PjBL) BERBASIS STEAM GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI (JULPAN RAHMADI 170105010).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

JULPAN RAHMADI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang valid, praktis, dan efektif. Dalam pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu : (1) Analysis (analisis), Design (desain), Devlopment (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Ihsan Tanjung Luar dengan subjek penelitian yaitu kelas VIIIA dengan jumlah siswa 26 orang. Instrummen yang digunakan untuk memperoleh data diantaranya (1) lembar validasi, (2) angket kepraktisan dari respon siswa, dan (3) tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari 3 orang validator ahli. Lembar validasi RPP memperoleh skor total sebanyak 423 dengang kategori valid, sedangkan untuk Lembar validasi LKPD memperoleh skor total sebanyak 258 dengan kategori valid dan untuk lembar validasi tes kemampuan berpikir kreatif memenuhi kriteria valid dengan memperoleh koefisen validitas sebesar 0,73. Kualitas keperaktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti memenuhi kriteria sangat praktis bedasarkan angket respon siswa yang diberikan kepada 26 siswa dengan skor 410 dengan persentase 98,55%. Sedangkan untuk kualitas keefektipan perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti dilihat dari rata-rata nilai siswa yaitu 80 dengan persentase ketuntasan klasikal 61,83% dengan kategori cukup efektif dilihat dari kategori tafsiran keefektifan N-Gain. Kata kunci : perangkat pembelajaran, metode Project Based Learning, STEAM, kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:35
Last Modified: 15 Jul 2023 02:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item