PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMPN SATU ATAP 1 SUELAPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMPN SATU ATAP 1 SUELA

RIYAN DANI, DANI, RIYAN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMPN SATU ATAP 1 SUELAPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMPN SATU ATAP 1 SUELA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI RIYAN DANI REVISI JADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENEKATAN KONTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISW SMPN SATU ATAP 1 SUELA Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Perangkat pembelajaran pemodelan matematika melalui pendekatan kontruktivisme guna meningkatkan pemecahann masalah pada siswa smp yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan PLOMP, karena memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu (Preliminary research, Prototyping phase, Assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) oleh Ahli Materi, (2) Lembar validasi perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) Ahli Media, (3) Lembar validasi THB, (4) Lembar penilaian kepraktisan media pembelajaran, (5) Lembar penilaian respon siswa, (7) Lembar observasi aktivitas guru, (8) Lembar observasi aktivitas siswa, (9) Tes hasil belajar (THB).. Melalui proses pengembangan telah dihasilkan: (1) Perangkat pembelajaran pemodelan matematika melalui pendekatan kontruktivisme, dan (2) instrumen penelitian. Uji coba dilakukan pada kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Suela. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran Pemodelan Matematikka Melalui Pendekatan Kontruktivisme Guna Meningkatkan Pemeahan Masalah Pada Siswa Smp memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan Media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor total aktual 4,08. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dengan persentase 95,84% dari persentase maksimal 100% dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 88,7% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes pemecahan masalah siswa dimana hasil tes pemecahan masalah siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 88,89 atau berada di atas KKM 65 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 84,37% dari standar 75%. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pemodelan matematika, Kontruktivisme, Pemecahan Masalah..

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:03
Last Modified: 15 Jul 2023 04:03
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5230

Actions (login required)

View Item View Item