PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA SMP KELAS VIII

Khaerul Mubin, Mubin, Khaerul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA SMP KELAS VIII. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
FULL Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khaerul Mubin. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromdia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Smp Kelas VIII Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromdia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Smp Kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, karena memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi media pembelajaran oleh Ahli Materi, (2) Lembar validasi media pembelajaran Ahli Media, (3) Lembar validasi THB, (4) Lembar penilaian kepraktisan media pembelajaran, (5) Lembar penilaian respon siswa, (7) Lembar observasi aktivitas guru, (8) Lembar observasi aktivitas siswa, (9) Tes hasil belajar (THB).. Melalui proses pengembangan telah dihasilkan: (1) Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromdia Flash dan (2) instrumen penelitian. Uji coba dilakukan pada kelas VIII A MTs DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromdia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Smp Kelas VIII memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan Media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor total aktual 148 dari skor maksimal 180. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total aktual 39 dari skor maksimal 45 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 88,96% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 88,89 atau berada di atas KKM 65 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85,18% dari standar 75%. Kata kunci: Media pembelajaran, Macromedia Flash, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:56
Last Modified: 15 Jul 2023 02:56
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item