ANALISIS DAMPAK KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NWDI PANCOR

KHAIRUN NAZAR, NAZAR, KHAIRUN (2022) ANALISIS DAMPAK KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NWDI PANCOR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi khairun nazar Pendidikan Matematika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

KHAIRUN NAZAR (2022). ANALISIS DAMPAK KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NWDI PANCOR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kecemasan dan mengetahui seberapa besar kecemasan matematika (mathematics anxiety) itu berdampak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP NWDI Pancor Tahun Ajaran 2022/2023.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis analisis Miles and Huberman . Teknik ini dilakukan secara interaktif, terus menerus dan lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa38 siswa mengalami cemas dan 12 siswa dengan kategori tidak memiliki kecemasan yang kalau di persentasekan terdapat 76% siswa kelas VII memiliki kecemasan dalam belajar matematika dan 24% siswa yang tidak memiliki kecemasan. Persentase kecemasan tersebut selaras dengan hasil belajar siswa. Siswa yang mengalami kecemasan matematika cendrung memiliki nilai atau hasil belajar yang kurang maksimal dan sebaliknya siswa yang tidak memiliki kecemasan matematika menunjukkan hasil belajarnya yang maksimal. Kata Kunci: Dampak Kecemasan Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:02
Last Modified: 15 Jul 2023 03:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item