PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SABERUN, SABERUN, SABERUN (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Skripsi (Saberun_180105019).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK SABERUN (2022). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan penguasaan konsep dasar matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2022. Jenis penelitian ini adalah expo facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIIIF dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur motivasi siswa dan tes digunakan untuk mengukur penguasaan konsep dasar matematika dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara motivasi, penguasaan konsep dasar dan hasil belajar yaitu α = 0,46. Dengan kata lain, korelasinya berada dalam kategori cukup baik. Dalam hasil uji regresi bahwa hasil yang didapatkan nilai siginifikansi adalah 0,046 hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan penguasaan konsep dasar matematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2022. Hasil ini juga dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi ( ) ( ) dengan Y adalah hasil belajar siswa, X1 adalah motivasi dan X2 adalah penguasaan konsep dasar matematika Kata kunci: Motivasi, Penguasaan Konsep Dasar Matematika, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:02
Last Modified: 15 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item