PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

SALIMATUL HUZWATI, HUZWATI, SALIMATUL (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI AFTER REVISI_SALIMATUL HUZWATI.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK SALIMATUL HUZWATI (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa rancangan pembelajaran dan modul pembelajaran yang berbasis creative problem solving (CPS) terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Borg & Gall dan Dick & Carry yang dimodifikasi dari sepuluh tahap menjadi lima tahap yaitu: analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk dan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Selong yang berjumlah 33 siswa. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman validasi perangkat pembelajaran berbasis CPS terintegrasi TPACK, angket kepraktisan dan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi integral tak tentu. Teknik Analisis data untuk kevalidan dan kepraktisan menggunakan skala lima dari Saifuddin Azwar, sedangkan untuk keefektifan menggunakan ketuntasan klasikal kemudian dibandingkan nilai sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan. Kualitas kevalidan rancangan pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid dengan skor 508 dan kualitas kevalidan modul pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid dari segi materi dan media dengan skor masing-masing 315 dan 167. Kualitas kepraktisan rancangan pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dari respon guru dengan pencapaian skor 56, sedangkan kualitas kepraktisan modul pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis dari respon guru dengan pencapaian skor 77 dan dari respon siswa memenuhi krteria sangat praktis dengan persentase skor sebesar 95%. Krteria keefektifan dilihat dari hasil analisis aktivitas guru dan siswa dan analisis tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis aktivitas guru dan siswa memenuhi kriteria efektif dengan persentase skor sebesar 85% dan analisis tes kemampuan pemecahan masalah siswa memenuhi kriteria efektif dimana siswa telah mencapai nilai rata-rata sebesar 80,7 atau berada diatas KKM 75 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 88% dari standar 75%. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran Matematika, Creative Problem Solving, TPACK, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:02
Last Modified: 15 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item