PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGI, ENGINEERING, ART, MATEMATICS (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP BAITUL HIKMAH NW GAYUT

Mega Yuliani, Yuliani, Mega (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGI, ENGINEERING, ART, MATEMATICS (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP BAITUL HIKMAH NW GAYUT. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI (Mega Yuliani_180105010_2022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK MEGA YULIANI (2022). PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGI, ENGINEERING, ART, MATEMATICS (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF�CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP BAITUL HIKMAH NW GAYUT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Science, Technologi, Engineering, Art, Matematics (STEAM) pada siswa kelas VIII SMP Baitul Hiknah NW Gayut tahun pelajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Baitul Hikmah NW Gayut tahun Pembelajaran 2021/2022.Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampeling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalahThe Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil hipotesis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (9,951 > 1,684) yang berarti Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaranScience, Technologi, Engineering, Art, Matematics (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Baitul Hikmah NW Gayut tahun pelajaran 2021/2022. Begitu juga dengan hasil hipotesis angket self-confidence menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,434 > 1,684) yang berarti Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Science, Technologi, Engineering, Art, Matematics (STEAM) terhadap self-confidence siswa kelas VIII SMP Baitul Hikmah NW Gayut tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Science, Technologi, Engineering, Art, Matematics (STEAM), Komunikasi Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:10
Last Modified: 15 Jul 2023 03:10
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item