PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

MUH. ALI SYAUQI, SYAUQI, MUH ALI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
[Skripsi Muh. Ali Syauqi].pdf

Download (15MB)

Abstract

MUH. ALI SYAUQI (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di SMA Negeri 2 Selong. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi Rancangan pembelajaran dan Bahan ajar modul pada materi integral tak tentu fungsi aljabar. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan modifikasi yang memiliki lima tahapan yaitu, tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Selong. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian para ahli yang memperoleh skor total aktual untuk Rancangan pembelajaran sebesar 301, Modul untuk ahli materi sebesar 200, untuk ahli media 159, dan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 0,75 yang menunjukkan bahwa produk layak untuk diterapkan. Perolehan skor aktual untuk penilaian Rancangan pembelajaran dan Modul oleh guru masing-masing sebesar 65 dan 74. Adapun hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 88% dari standar ≥ 75%. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk telah mencapai kriteria praktis. Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas guru dan siswa mendapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran masing-masing 88% dan 92% serta hasil perolehan dari penilaian tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 94,87 berada di atas KKM 75 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96,77%. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah mencapai kriteria efektif dan implementasi perangkat pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Creative Problem Solving, TPACK, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:29
Last Modified: 15 Jul 2023 03:29
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item