PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

SHERLY TRESIA APRIA SANUR, SANUR, SHERLY TRESIA APRIA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI_SHERLY TRESIA APRIA SANUR.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTARK SHERLY TRESIA APRIA SANUR. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK Untuk Meningkatakan Kemampuan Komunikasi Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hamzanwadi. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Develoment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang dimodifikasi dari Model Borg and Gall dan model pengembangan Dick and Carey. Pengembangan desain pembelajaran mencakup analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) lembar validasi Rancangan Pembelajaran, (2) lembar validasi modul ahli materi, (3) lembar validasi modul ahli media, (4) angket kepraktisan guru dan siswa, (5) lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan (6) Tes Hasil Belajar (THB). Data keperkatisan terdiri dari data peneilaian kepraktisan materi pada Rancangan Pembelajaran dan Modul dan angket respon siswa. Data keefektifan dianalisis dari observasi aktivitas guru dan siswa, dan juga dianalisis dari hasil belajar siswa. Uji coba dilakukan pada kelas XI IPA 4 SMAN 2 Selong. Berdasarkan analisis uji coba menunjukan bahwa perangkat pembelajaran bebarsis Creative Problem Solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kualitas kevalidan produk rancangan pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid dari dengan perolehan skor 484 dengan skor maksimal 465, modul ahli materi dengan total aktual skor 317 dengan skor maksimal 300, modul ahli media skor aktual 173 dengan skor maksimal 161, dan validasi THB 0,81 dari skor masimal 0,80. Kretieria keperaktisan terlihat berdasrkan hasil penilaian guru dengan perolehan skor aktual 155 dari skor maksimal 52,05 dan skor aktual 105 untuk modul ahli materi dengan skor maksimal 72 dan respon siswa dengan persentase 89,95%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil anlisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor 89,93 dengan persentase mancapai 80,63%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Creative Problem Solving, TPACK

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:02
Last Modified: 15 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item