PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT SASAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TERARA

YULIANI, EMA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT SASAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TERARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI EMA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis etnomatematika masyarakat Sasak terhadap moticasi belajar dan kemampuan analitis matematika kelas VIII SMPN 2Terara pada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah menggunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan betuk one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Terara tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah 52 siswa yang diambil secara acak. Hasil hipotesis I berdasarkan variabel bahan ajar berbasis etnomatematika masyarakat sasak terhadap motivasi belajar siswa diperoleh r-hitung 0,262 > r-tabel 0,220 dengan taraf signifikasn 5% yang artinya terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis etnomatematika terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya t-hitung 1.921 dan t-tabel 1.675 dengan taraf signifikan 5%. Karena t-hitung 1.921 > ttabel 1,675 sehingga hipotesis H0 yang diajukan ditolak dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika masyarakat sasak terhadap motivasi belajar siswa. Adapun hasil hipotesis II berdasarkan variabel bahan ajar berbasis etnomatematika masyarakat sasak terhadap kemampuan analitis matematika siswa diperoleh r-tabel 0,680 > r-tabel 0,220 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis etnomatematika terhadap kemampuan analitis matematika siswa, Selanjutnya t-hitung 6.558 dan t-tabel 1.675 dengan taraf signifikan 5%. Karena t-hitung 6.558 > t-tabel 1,675 sehingga hipotesis H0 yang diajukan ditolak dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berarti ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis etnomatematika masyarakat sasak terhadap kemampuan analitis matematika siswa. Kata kunci: Etnomatematika, Motivasi Belajar, Kemampuan Analitis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:30
Last Modified: 15 Jul 2023 03:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5249

Actions (login required)

View Item View Item