PENGARUH MOTIVASI DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MA NW SEKUNYIT

SHOFYAN ANSHORY, ANSHORY, SHOFYAN (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MA NW SEKUNYIT. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI SHOFYAN ANSHORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Shofyan Anshory, NPM: 15210026. “Pengaruh Motivasi Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MA NW SEKUNYIT’’. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Hamzanwadi Selong Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di MA NW SEKUNYIT. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu motivasi belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = -7,219 + 0,094 X1 + 0,368 X2. Hasil analisis uji t untuk motivasi (X1) diperoleh thitung 3,268, sehingga H1 diterima dan fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung = 0,752, sehingga H2 ditolak. Uji F diperoleh Fhitung = 12,344, sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2) motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 27%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) secara parsial motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di MA NW SEKUNYIT, (2) secara parsial fasilitas belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di MA NW SEKUNYIT, (3) secara simultan motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di MA NW SEKUNYIT Kata kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:02
Last Modified: 15 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item