PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNICAL AND VOCATIONAL EDUCATION AND TRAINING (TVET) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK NW SURALAGA

HADI, M. ARHAMUL (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNICAL AND VOCATIONAL EDUCATION AND TRAINING (TVET) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK NW SURALAGA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Skripsi Arhamul 16610044.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan tahapan pembuatan lembar kerja peserta didik pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar materi Perakitan dan Pengujian Hasil Perakitan Komputer dengan menggunakan pendekatan Technical and Vocational Education and Training (TVET) di SMK NW Suralaga, (2) Mengetahui tingkat kelayakan LKPD berdasarkan persepsi ahli materi, ahli media. (3) Mengetahui respon dari pengguna terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yaitu 4D models. Terdapat empat tahapan, yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penyebaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NW Suralaga pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Telah dikembangkan LKPD menggunakan pendekatan TVET pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar materi perakitan dan pengujian hasil perakitan. (2) Kelayakan lembar kerja siswa berdasarkan hasil validasi ahli media mendapat skor 92% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi lembar kerja siswa berdasarkan ahli materi mendapat skor 83% dengan kategori sangat layak. (3) Adapun hasil respon dari guru memberikan skor 82% dengan kategori sangat positif. Sementara itu, Hasil respon lembar kerja peserta didik oleh peserta didik diperoleh skor 86% dengan kategori sangat positif. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Technical and Vocational Education and Training (TVET), model 4D.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:34
Last Modified: 15 Jul 2023 03:34
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item