EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MUSLIHUDDIN, MUSLIHUDDIN (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan bentuk true-experimental designs tipe posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Mafaza NW Dasan Menak yang berjumlah 64 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Kelas yang menjadi sampel adalah kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran STEM dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang ditimbulkan model pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada hasil belajar. Ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu dimana (7,14 > 2,04) yang artinya bahwa diterima dan ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran STEM, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:47
Last Modified: 15 Jul 2023 03:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item