PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MA NWDI JUET TAHUN AJARAN 2020/2021

NURHIDAYATI, NURHIDAYATI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MA NWDI JUET TAHUN AJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI_NURHIDAYATI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja peserta didik (LKPD) berbasis HOTS untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan.Model yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi menjadi tujuh langkah pengembangan,yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan bentuk pendahuluan produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk awal , uji coba lapangan ,revisi produk akhir. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MA NWDI JUET. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui validasi ahli, angket respon guru dan instrument tes. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor validasi RPP yaitu 486 kriteria (valid); rata-rata skor validasi LKPD 245 kriteria (valid) ; dan instrumen tes mempunyai skor 0,81 kriteria valid. kepraktisan, dilihat dari penilaian guru dengan rata-rata skor RPP, LKPD dan instrumen tes sebesar 65, 69 dan 70 memenuhi kriteria praktis dan penilaian angket respon siswa dengan persentase sebesar 80.04% memenuhi kriteria praktis; keefektifan, dilihat dari hasil presentase observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 97,91% dan 85,25% memenuhi kriteria baik, dan hasil tes belajar siswa memenuhi kriteria baik dengan persentase ketuntasan 80%. Kata Kunci : Higher order thinkhing skill (HOTS), perangkat pembelajaran,

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 05:33
Last Modified: 15 Jul 2023 05:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item View Item