KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SELONG

ALFINA EKA WARDANI, WARDANI (2020) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SELONG. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (Abstrak)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Cooperative Script dan Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sub materi pokok pola bilangan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VIII A sebagai kelompok model pembelajaran Cooperative Script dan kelas VIII C sebagai kelompok model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Rancangan penelitian yang digunakan adalah praeksperimen tipe perbandingan grup statis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak t test dua sampel berkolasi. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,889 > 2, 074) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Kata Kunci: Cooperative Script, Team Assisted Individualization, kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:06
Last Modified: 17 Jul 2023 04:06
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item