Upaya meningkatkan kemampuan menulis bebas (free writing) pada aspek koherensi siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya, Lombok Tengah

Widiantari, Eva Yulia and Marzuki, M. Junaidi and Azhari, Iwan Upaya meningkatkan kemampuan menulis bebas (free writing) pada aspek koherensi siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya, Lombok Tengah. PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi. (Submitted)

[img] Text
Widiantary, Marzuki, M. J dan Azhari (2023) Upaya meningkatkan kemampuan menulis bebas (free writing) pada aspek koherensi.pdf - Submitted Version

Download (318kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini di dasari oleh rendahnya minat dan rendahnya kemampuan menulis siswa. Penelitian dilakukan pada 33 siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya, Lombok Tengah. Melalui penelitian ini, penulis bermaksud untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar menulis melalui menulis bebas (free writing). Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apaka menulis bebas(free writing) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dalam pembelajaran di kelas terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang disebut siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berguna untuk mengukur hasil belajar. Penelitian ini berlangsung dalam empat belas kali pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan koherensi dalam menulis bebas (free writing) siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya yang berjumlah 33 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total. Teknik oengumpulan data yakni dengan pemberian tugas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan analisis ragam presentase. Hasil analisis daya menunjukan bahwa jumlah seluruh siswa yang memperoleh nilai 7.0 ke atas ada 20 siswa sedangkan yang memperoleh nilai kurang dari 7,0 adalah 13 siswa. dengan demikian penggunaan koherensi dalam menulis bebas siswa kelas 7-11 SMPN 1 Praya belum memadai. kata kunci: Unsur koherensi, menulis bebas

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Divisions: Pendidikan Profesi Guru > Perangkat Pembelajaran
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:01
Last Modified: 07 Oct 2023 04:01
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item