PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CREATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MTS NURUL YAQIN

Hamzani Wathoni, Wathoni PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CREATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MTS NURUL YAQIN. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CREATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MTS NURUL YAQIN. (Submitted)

[img] Text
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Creative Learning.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar dengan model creative learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII MTs yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analysis (Analisis); Design (Perencanaan); Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi); dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilaksanakan di MTs Nurul Yaqin Genteng dengan subjek penelitian kelas VII MTs sebanyak 20 orang . Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) lembar validasi; (2) angket kepraktisan dari guru dan siswa; (3) lembar observasi aktivitas guru dan siswa; dan (4) tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar dengan model Creative learning yang dikembangkan berdasarkan ahli materi dan media diperoleh masing – masing sebesar 92 dan 85 dengan kategori sangat valid. Untuk kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria sangat valid yaitu dengan koefesisen validitas sebesar 0,77 dan layak digunakan. Berdasarkan penilaian kepraktisan bahan ajar diperoleh skor aktual sebesar 36 dari respon guru, dimana buku ajar yang dikembangkan berada pada kriteria sangat praktis dan dari respon siswa diperoleh persentase skor 90,7%≥75%, yang artinya buku ajarpraktis untuk digunakan. Kualitas keefektifan dilihat dari hasil persentase observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 89,5% dan 93,3% memenuhi kriteria baik, dari tes hasil belajar rata-rata skor siswa mencapai 78,1 Untuk hasil tes belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,1. Dari hasil analisis perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh skor sebesar 0,54 yang berada pada interval 0,7 > (g) ≥ 0,3 yang berada pada kategori sedang dan estimasi reliabilitas mencapai kriteria reliabel dengan koefesien alpha sebesar 0,725. Kata kunci: Bahan Ajar, Model creative learning

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hamzani Wathoni Hamzani Wathoni
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:54
Last Modified: 12 Dec 2023 03:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item