PERAN DAN FUNGSI KESENIAN SAKECO DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL DI SD NEGERI KELANIR KECAMATAN SETELUK

Neni Karlina, Karlina Neni (2023) PERAN DAN FUNGSI KESENIAN SAKECO DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL DI SD NEGERI KELANIR KECAMATAN SETELUK. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
PROPOSAL.pdf

Download (750kB)

Abstract

ABSTRAK Neni Karlina (2023), Peran dan Fungsi Kesenian Sakeco Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Muatan Lokal di SD Negeri Kelanir, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Dr. Habibuddin, M. Pd Pembimbing II: Muchamad Triyanto, M.pd Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan fungsi kesenian sakeco di SD Negeri Kelanir, mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangakn minat belajar siswa melalui pembelajaran di SD Negeri Kelanir, mengidentifikasi aspek-aspek pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan minat belajar siswa di SD Negeri Kelanir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa Peran kesenian sakeco dalam mengembangkan minat belajar siswa yaitu untuk memberikan motivasi kepada siswa terhadap kesenian tradisional, memberi sindiran kepada penonton melalui bait sakeco, sebagai hiburan bagi penonton, cara mengekspresikan diri penyair dalam kesenian sakeco, kontrol diri bagi penyair dalam melakukan kesenian sakeco. Mengembangkan minat dan potensi belajar siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan diluar jam belajar dibawa pengawasan guru yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dan kemandirian siswa secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan, menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, diskusi dan ceramah. Aspek pendukung dalam mengembangkan minat belajar siswa yaitu dengan mendatangkan guru ahli di kesenian daerah, terpenuhnya sarana dan peralatan yang digunakan, aspek penghambat yaitu siswa yang kurang aktif dan peralatan yang berkecukupan. Kata Kunci: kesenian sakeco, minat belajar, muatan lokal

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:01
Last Modified: 04 Jan 2024 02:01
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item