PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SD NEGERI PUNGKA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ALIFATUL CITRA AMALIA, AMALIA, ALIFATUL CITRA (2023) PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SD NEGERI PUNGKA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
1-3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (367kB)

Abstract

Pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 2 SD negeri pungka tahun pelajaran 2022/2023. Skripsi titik jurusan pendidikan guru sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas hamzanwa di titik pembimbing 1 Muhammad surudin m.pd dan pembimbing 2 Hadiatul Rodiyah m.Pd Masalah utama dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 2 di SD negeri pungka. Jenis penelitian ini adalah peri-eksperimental dengan rancangan penelitian onegroup pretest-protes design. Instrumen penelitian dengan menggunakan observasi komatis, dan dokumentasi titik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Subjek dalam penelitian ini adalah model kelas 2B SDN negeri pungkas sebanyak 21 murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu bergambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 2B sebelum digunakan media kartu bergambar adalah 5,28 dan hasil belajar setelah digunakan media kartu bergambar adalah 80,4 angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 2B SD negeri pungkah dan hasil uji hipotesis menggunakan angka signifikansi 0,000 dengan demikian hipotesis H1 dalam penelitian ini diterima. Nilai tes terhitung sama dengan -12,120 berarti uji pihak kiri, sehingga hitung sama dengan min 12,120<- t-tabel=-2,086. Dari nilai tes-hitung yang negatif mengindikasikan bahwa nilai sebelum perlakuan lebih rendah dibandingkan setelah perlakuan. Dan kesimpulannya adalah t-hitung> t-tabel yakni H¹ diterima Ada pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 2 SD negeri pungka.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:13
Last Modified: 04 Jan 2024 07:13
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item