PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SDN 02 IJOBALIT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ARMAN SETIAWAN, SETIAWAN, ARMAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SDN 02 IJOBALIT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (329kB)
[img] Text
ARTIKEL ARMAN SETIAWAN.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB, I, II, III.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning melalui pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar PKN siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan peningkatan hasil belajar setelah diberikannya perlakuan problem based learning (post test) didapatkan nilai rata-rata 74,75 dan yang tidak diberikan perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata 64,70. Untuk uji normalitas data diperoleh pre-test sebesar 4,5602 dan post-test sebesar 5,5672 dan sebesar 5,9915, sedangkan sebesar 5,9915. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai pre-test dan post-test memiliki < , maka kedua data yang diperoleh berdistribusi normal. Untuk uji t diperoleh sebesar 10,02 dan sebesar 2,04 maka dapat dikatakan besar dari lebih (10,02 > 2,04) dengan tariff signifikansi 5% (0,05) dan derajat kebebasan dk = + 2 = 38, berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran Problem Based Learning melalui pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SDN 02 IJOBALIT tahun pelajaran 2022/2023”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:05
Last Modified: 08 Jan 2024 02:05
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item