PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS VIDEO ANIMASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

AWALUDIN, AWALUDIN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS VIDEO ANIMASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Abstrak awaludin.docx

Download (20kB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI AWALUDIN.pdf

Download (721kB)
[img] Text
PROPOSAL PIKS.docx

Download (191kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) untuk mengetahui langkah langkah pengembangan video animasi sebagai media pembelajaran IPAS tingkat SD/MI, (2) untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan pada video animasi sebagai media pembelajaran IPAS tingkat SD/MI, dan (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap video animasi sebagai media pembelajaran IPAS Tingkat SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Borg and Gall. Subjek penelitian ini serta siswa kelas IV. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Suryawangi. Tekhnik pengumpulan data mengunakan wawancara, lembar validasi, dan angket berupa lembar validasi dan angket respon siswa. Dalam penelitian ini data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan ini berupa media pembelajaran video animasi pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SD Negeri 3 Suryawangi. Media video layak digunakan berdasarkan persentase dari ahli media yaitu 93,33% berada pada kategori “valid”, kemudian persentase dari ahli materi yaitu 96% berada pada kategori “valid”. Kelayakan media video dilihat dari lembar angket respon siswa berada pada kategori “sangat baik” yaitu dengan persentase 96,66% pada ujicoba skala kecil dan dengan persentase 97,4% pada ujicoba skala besar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:12
Last Modified: 08 Jan 2024 02:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item