PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 KELAS V SDN 3 MONTONG BAAN SELATAN

BAIQ AZAM ASPARIAH, ASPARIAH, BAIQ AZAM (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 KELAS V SDN 3 MONTONG BAAN SELATAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK_Baiq Azam Aspariah.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ARTIKEL_Baiq Azam Aspariah.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 1-3_Baiq Azam Aspariah.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengidentifikasi kelayakan dan mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis brain based learning untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri pada pembelajaran tematik tema 9 kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan tahap pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Montong Baan Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan bahan ajar berbasis brain based learning. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4,07 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap kepraktisan bahan ajar berbasis brain based learning memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik. Hasil uji gain Score memperoleh skor 0,47 menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dengan kategori sedang. Hasil uji paired samples t-test sebesar 0,001<0,05 menunjukkan adanya pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis brain based learning untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar berbasis brain based learning layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:16
Last Modified: 08 Jan 2024 02:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item