PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KELAS IV SDN SENAYAN

NURHAYANI, NURHAYANI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KELAS IV SDN SENAYAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Nu Hayani bab 1-3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Nur Hayani abstrak-WPS Office.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Nur Hayani Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

BSTRAK NURHAYANI: Pengambangan Bahan Ajar Modul Berbasisi Etnomatematika Pada Kelas IV SDN Senayan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi 2023 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkaan bahan ajar modul berbasis etnomatematika pada peninggalan sejarah didaerah sumbawa dalam upaya memahami materi bangun datar pada siswa SD kelas IV. Metode penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) menggunakan model ADDIE terdapat beberapa langkah yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini adalah diketahui kelayakan dari ahli media dan ahli materi, serta mengetahui respon siswa dari pengembangan bahan ajar. Hasil penilain dari ahli media dengan rata-rata skor yaitu 89,23% dengan kriteria “sangat layak” dan ahli materi dengan rata-rata skor yaitu 91,11% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan respon siswa mengenai bahan ajar mengahasilkan rata- rata skor pada skala kecil yaitu 78,5% dengan kriteria kelayakan “layak”. Jadi bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada kebudayaan sumbawa dalam memahami materi bangun datar telah layak, menarik dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Penelitian, Metode, Hasil Penelitian

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:17
Last Modified: 08 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item