OPTIMALISASI PERAN GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 3 POHGADING TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024

NUR ISNAINI FEBRIANTIN, NUR ISNAINI FEBRIANTIN (2023) OPTIMALISASI PERAN GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 3 POHGADING TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
BAB I- III.pdf - Submitted Version

Download (444kB)
[img] Text
SKRIPSI NUR ISNAINI FEBRIANTINI. .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi mode pembeajaran active learning tipe team quiz untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru untuk meningkatkan minat melalui model pembelajaran team quiz pada pembelajaran IPS di SDN 3 Pohgading Timur telah optimal. Dilihat dari hasil observasi dan hasil angket respon siswa terhadap ketertaikan siswa mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran active learning tipe team quiz. Sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat siswa dalam pembeljaran IPS adalah semangat siswa sendiri dan keterbatasan sumber belajar yang ada di sekolah. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hamabatan tersebut dengan melakukan pendekatan, motivasi, dan perbaiakan sistem belajar dengan memilih model pembelajaran yang tepat untuk siswa. Kata Kunci: Optimalisasi, Peran Guru, Minat Belajar IPS

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:24
Last Modified: 08 Jan 2024 03:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item