PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 4 KESIK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HAFAZOH, IZA AULIA (2023) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 4 KESIK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK IZA AULIA FIKS.pdf - Submitted Version

Download (122kB)
[img] Text
BAB 1-3 IZA AULIA.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI IZA AULIA HAFAZOH.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 4 Kesik tahun pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini eksperimen. Populasi penelitian ini adalah SDN 4 Kesik dan sampel di penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Kesik sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Total. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner) kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 7,73134 dan ttabel = 2,40658 pada dk = 48 dan dengan taraf signifikan 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 4 Kesik. Hasil ini menunjukkan bahwa metode role playing dapat dijadikan upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 4 Kesik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:50
Last Modified: 09 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item