AGUSTIN, NURTANZILIA (2023) PENGEMBANGANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text (Abstrak)
Nurtanzilia A. ABSTRAK.pdf - Submitted Version Download (461kB) |
|
Text (THESIS)
SKRIPSI. Nurtanzilia A..pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NURTANZILIA AGUSTIN (2023), Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian pengembangan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan kelas IV sekolah dasar ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan kriteria valid dan praktis. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D terdiri dari define, design, development dan disseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket lembar validitas ahli media dan materi dan angket lembar praktikalitas oleh siswa. Hasil validasi modul dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 83,65% yang berada diantara 80%-89% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk praktikalitas modul memperoleh nilai sebesar 98,06 dengan kriteria sangat praktis yang berada diantara 86-100. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi operasi hitung pecahan memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai sumber belajar matematika kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: Modul Matematika, Problem Based Learning (PBL), Operasi Hitung Pecahan, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:42 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5400 |
Actions (login required)
View Item |