PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 01 KALIJAGA TENGAH

NAJAH, HAFIZATUN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 01 KALIJAGA TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
abstract hafizatun najah.pdf - Submitted Version

Download (150kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI HAFIZATUN.pdf - Submitted Version

Download (761kB)
[img] Text
SKRIPSI HAFIZATUN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas IV SDN 01 Kalijaga Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (researh & development) model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kalijaga Tengah sebanyak 21 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi dan skala guttaman untuk hasil angket respon siswa. Hasil validasi dari kedua ahli yaitu ahli media dan ahli materi menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan jumlah nilai untuk ahli media adalah 45 dengan rata-rata 4,5, sedangkan nilai dari ahli materi berjumlah 37 dengan rata-rata 4,6. Hasil respon angket siswa pada uji coba lapangan memperoleh responden sebanyak 142 yang menjawab “ya” dengan persentase 96,59%, sedangkan yang menjawwab “tidak” memperoleh responden sebanyak 5 siswa dengan persentase 3,41% , sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada media pembelajaran matematika bebasis video animasi adalah sangat baik. Hasil analisis tes belajar siswa pada uji coba lapangan jumlah siswa yang tuntas adalah 19 orang dari 21 siswa dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dengan jumlah rata-rata 65,23% sedangkan ketuntasan klasikalnya 90,48% dan KKM 50. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi pada materi bilangan bulat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Video Animasi, Bilangan Bulat

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:40
Last Modified: 10 Jan 2024 01:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item