ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUDAYA SEKOLAH IMTAQ (IMAN DAN TAKWA) SISWA KELAS IV SDN BARELANTAN TAHUN AJARAN 2022/2023

HOTIMAH, HUSNUL (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUDAYA SEKOLAH IMTAQ (IMAN DAN TAKWA) SISWA KELAS IV SDN BARELANTAN TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Abstrak ACC Husnul Hotimah.pdf - Submitted Version

Download (127kB)
[img] Text
BAB 1.2.3 Husnul Hotimah.pdf - Submitted Version

Download (338kB)
[img] Text
SKRIPSI FILE PERPUSTAKAAN Husnul Hotimah.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Husnul Hotimah (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Religius Dalam Budaya Sekolah IMTAQ (Iman Dan Takwa) Siswa Kelas IV SDN Barelantan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga guru yakni guru wali kelas IV, guru pendidikan agama Islam, guru penjaskes, kepala sekolah dan perwakilan dari siswa-siswi kelas IV SDN Barelantan. Subjek penelitian ini ialah bagaimana nilai Pendidikan karakter religius dalam budaya sekolah imtaq siswa kelas IV, adapun populasi dalam kelas sebanyak 16 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada 4 siswa dari 16 siswa yang masih sering datang terlambat ketika mengikuti kegiatan budaya sekolah imtaq, memakai pakaian kurang lengkap, dan bermain pada saat kegiatan imtaq sehingga perlu adanya bimbingan khusus dari guru baik guru kelas maupun guru pendidikan agama Islam dalam menanganinya. Dengan adanya budaya sekolah Imtaq ini siswa dapat mencerminkan karakter yang religius. Namun dibalik telah berjalannya kegiatan imtaq masih terdapat kendala yang dihadapi dalam kegiatan imtaq, yakni: Terdapat beberapa siswa kelas IV yang tidak tertib, ada guru yang terlambat datang ke sekolah dalam mengikuti proses kegiatan imtaq. Dengan adanya kendala tersebut maka kepala sekolah mencari solusi yang tepat agar kegiatan imtaq berjalan dengan baik, yakni: Kepala sekolah memberikan arahan kepada semua siswa dan guru-guru terutama guru pendidikan agama Islam supaya terlibat langsung dalam kegiatan imtaq, karena guru harus memberikan contoh teladan yang baik terhadap siswa dengan ikut terlibat dalam kegiatan imtaq sehingga dapat memotivasi siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan imtaq dan sebagai upaya guru dalam menanamkan Pendidikan karakter religius dalam budaya sekolah imtaq. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter Religius, Budaya Sekolah, kegiatan Imtaq.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:10
Last Modified: 10 Jan 2024 02:10
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item