PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI EKOSISTEM BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V SDN 1 KESELE

Jannah, Raudatul (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI EKOSISTEM BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V SDN 1 KESELE. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Abstrak Odah.pdf - Submitted Version

Download (270kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP RAUDATUL JANNAH (19010200).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 KESELET Pembimbing I: Dina Fadilah M.Pd. ; Pembimbing II: Husnul Mukti M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan modul materi ekosistem berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V. Metode penelitian menggunakan R&D (Reasearch and Development dengan model pengembangan ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, angket respon guru untuk mengukur kepraktisan modul, lembar validasi berupa lembar ahli desain dan keberhasilan hasil belajar pesera didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan validitas instrumen, kepraktisan modul, dan analisis keefektifan. Ada beberapa subjek dalam penelitian ini yaitu meliputi ahli materi, ahli desain guru kelas V dan juga peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan validitas instrument, kepraktisan modul, dan analisis keefektifan. Hasil analisis kepraktisan ahli materi yaitu 0,95 dengan kriteria sangat valid, hasil analisis ahli desain yaitu 0,87 dengan kriteria valid, hasil analisis kepraktisan respon yaitu 3,77 dengan kriteria sangat praktis,. Adapun hasil analisis Tes Hasil Belajar (THB) dengan menggunakan pretest dan postest adapun untuk hasil pretest siswa memperoleh nilai rata-rata 5,6 dalam kategori rendah. Sedangkan persentase ketuntasan 25%.Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata siswa 6,9. Sedangkan Persentase Tertinggi 65 %. Untuk nilai N-Gain Skore yaitu 67 dalam kategori cukup efektif. Oleh karena itu, pengembangan modul pembelajaran berbasis discovery learning dalam materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Modul, Pengembangan, Ekosistem, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 20 Jan 2024 03:09
Last Modified: 20 Jan 2024 03:09
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item