PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 SIKUR

KASMAYANA, KASMAYANA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 SIKUR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version

Download (506kB)
[img] Text
PROPOSAL KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version

Download (982kB)
[img] Text
SKRIPSI KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kasmayana (2023), Pengembangan Bahan Ajar bangun Datar Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Matematika Di SDN 3 SIKUR. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar bangun datar berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran matematika di SDN 3 Sikur dengan menggunakan metode pengembangan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey terdiri dari 5 langkah yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (perancangan) (3)Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi).Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 84 berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil uji coba validasi ahli media dengan jumlah skor 82 berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil dari angket respon siswa terhadap kevalidan dan kepraktisan penggunaan bahan yang dikembangkan mendapatkan skor 83sehingga berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil angket motivasi belajar siswa dengan jumlah skor 73 berada pada rentang 70≤×<80 dengan kategori “cukup baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bangun datar berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran matematika sudah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah dan cukup baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci:Augmented Reality, Bahan Ajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:51
Last Modified: 11 Jan 2024 01:51
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item