KASMAYANA, KASMAYANA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 SIKUR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
ABSTRAK KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version Download (506kB) |
|
Text
PROPOSAL KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version Download (982kB) |
|
Text
SKRIPSI KASMAYANA (190102115).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kasmayana (2023), Pengembangan Bahan Ajar bangun Datar Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Matematika Di SDN 3 SIKUR. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar bangun datar berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran matematika di SDN 3 Sikur dengan menggunakan metode pengembangan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey terdiri dari 5 langkah yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (perancangan) (3)Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi).Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 84 berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil uji coba validasi ahli media dengan jumlah skor 82 berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil dari angket respon siswa terhadap kevalidan dan kepraktisan penggunaan bahan yang dikembangkan mendapatkan skor 83sehingga berada pada rentang 80≤×≤90 dengan kategori “baik”. Hasil angket motivasi belajar siswa dengan jumlah skor 73 berada pada rentang 70≤×<80 dengan kategori “cukup baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bangun datar berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran matematika sudah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah dan cukup baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci:Augmented Reality, Bahan Ajar, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 01:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 01:51 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5436 |
Actions (login required)
View Item |