PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK PADA TEMA 1 MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN UNTUK SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 LENDANG NANGKA TAHUN AJARAN 2023/2024

Yani, Lusi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK PADA TEMA 1 MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN UNTUK SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 LENDANG NANGKA TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
PROPOSAL.pdf - Submitted Version

Download (513kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf - Submitted Version

Download (825kB)
[img] Text
SKRIPSIi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lusiyani (2023) Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pada Tema 1 Mata Pelajaran PKn Menggunakan Pembelajaran Interaktif Dan Menyenangkan Untuk Siswa Kelas 3 SD negeri 3 Lendang Nangka Tahun Pembelajaran 2023/2024 Pembimbing I: Muhammad Husni,M.Pd. ; Pembimbing II: Yul Alfian Hadi,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelejaran Fun Thinker Book dan mengetahui tingkat kelayakan dari media, ditinjau dari ahli validasi dan tingkat kelayakan yang ditinjau dari respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada tema 1 subtema 1 pembelajaran PKn tentang Memahami arti gambar pada lambang negara garuda pancasila pada kelas 3 SD Negeri 3 Lendang Nangka. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penggunaan model penelitian tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan lembar validasi, lembar angket respon siswa mengenai media pembelajaran. Produk media pembelajaran fun thinker book yang dikembangkan berupa buku berbingkai yang memiliki ubin berjumlah 9 ubin, di dalam buku tersebut berisikan 6 latihan pembelajaran yang dapat dipelajari menggunakan bingaki dan ubin. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebersar 95,38%, ahli media 90,90%, hasil angket respon siswa 92,22%. Hasil validasi ahli materi, ahli media, menunjukan bahwa media fun thinker book sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran pada uji coba lapangan menunjukan bahwa tingkat ketertarikan media yang ditinjau oleh respon siswa mengenai media fun thinker book sangat valid Kata Kunci: Pengembangan, Media, Fun Thinker Book

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:44
Last Modified: 18 Jan 2024 02:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item