PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TRADISI BEBUBUS PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANDRIANA, RITA MEVIA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TRADISI BEBUBUS PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I-III RITA MEVIA.pdf

Download (474kB)
[img] Text
SKRIPSI RITA MEVIA ANDRIANA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rita Mevia Andriana. Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Kearifan Lokal Tradisi Bebubus Pada Mata Pelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Hamzanwadi. Pembimbing: (1) Mijahamuddin Alwi, M.Pd. Dan (2) Dina Fadilah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul pembelajaran berorientasi kearifan lokal yang dikembangkan dalam bentuk modul pembelajaran pada materi IPAS sekolah dasar serta mengetahui efektivitas terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu siswa SD Negeri 04 Masbagik Utara kelas IV dengan pengambilan sampel 18 orang siswa. Tahap penelitian meliputi (1) analisis masalah, (2) pengumpulan data, (3) membuat rencana desain produk, (4) pembuatan produk, (5) uji coba pemakaian. Teknik dan instrument pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian tim ahli terhadap produk yang dikembangkan adalah “produk layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran”. Perolehan nilai dari ahli materi sebesar 83,4% dan ahli bahasa sebesar 75,6%. Respon siswa terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan mencapai 90% dengan kategori sangat merespon. Sementara hasil berpikir kritis dilihat dari data hasil uji T bahwa nilai n-gain skor memperoleh nilai sebesar 0.564 dan persentase sebesar 56% yang berarti penggunaan modul pembelajaran cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah pengaplikasian modul pembelajaran. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:55
Last Modified: 26 Feb 2024 02:55
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item